Cara Membuat Social Media Timing – Untuk pertama kali, saya ingin membantu teman teman sekalian.
untuk membuat sebuah kalender atau timing untuk memanfaatkan sosial media dalam bisnis kita masing masing.

Mengapa ini penting?

Setidaknya, saya memiliki dua alasan penting, mengapa bermain sosial media tidak bisa asal asalan dan mengapa bermain sosial media harus teratur waktu dan tempatnya?

Alasan pertama, sosial media adalah tempat paling random (general) untuk mendapatkan traffic. Sebagai tempat semua orang untuk share content apapun, tentu sosial media memiliki keunggulan dimana kita bisa mendatangkan traffic secara gratis, namun masalahnya, dengan adanya hal ini, kita akan kesulitan untuk mengontrol traffic yang datang, ini berbeda jauh jika misalnya kita bermain email marketing, atau mungkin facebook ads yang keduanya sudah sangat jelas memiliki data dan statistik secara detail pada bagiannya masing masing.

Alasan kedua, sosial media bukan satu satunya tempat untuk mendatangkan traffic, tapi menjadi satu satunya tempat untuk bebas mengelola apa yang kita inginkan. Selain sosial media, anda masih memiliki banyak jalan lain jika anda ingin mendatangkan traffic untuk bisnis anda, contohnya email marketing.

Namun, sosial media satu satunya tempat dimana setidaknya kita bebas untuk mengatur apapun yang kita mau, dengan catatan kita mengikuti aturan platform sosial media tersebut.

Dari dua alasan itu, akhirnya muncul lah dalam pikiran saya, bahwa “Bermain Sosial Media tidak bisa asal Bermain”. Semua harus ada aturannya, namun membuat “aturan” ini juga bukan urusan yang gampang, kan?

Aturan ini berkaitan dengan timing, dan mungkin tempatnya.

Let’s get started!

#1. Target atau Goal Anda Setiap Bulannya

Di awal ini, kita harus melakukan setting up, goal atau target apa yang kita ingin capai dalam setiap bulannya.

Ini menjadi penting, karena dengan begini, kegiatan dan apa yang kita lakukan setiap bulannya di sosial media jelas arah dan tujuannya. Ada sesuatu yang menjadi “final step” di setiap bulannya.

#2. Buat Susunan Content Yang Ingin Anda Share ke Sosial Media

Tujuan adanya hal ini tentu untuk memisahkan setiap content yang kita siapkan untuk tujuan yang tepat, dan target yang mantap.

Misal, anda buat content sepak bola, tapi anda share ke ibu ibu PKK. Apa gunanya? Gunanya mungkin anda akan mendapatkan protes dari ibu ibu PKK.

Itulah kenapa, kita harus menyusun content yang sesuai untuk market kita.

Pertama, pisahkan setiap kategori content yang anda buat. Contoh;

  1. Postingan biasa
  2. Quote atau Kata Kata Motivasi
  3. Promosi/Jualan
  4. Foto foto hiburan atau liburan
  5. Dan seterusnya

Dengan begini anda bisa memisahkan setiap content yang tepat untuk market yang memang mantap. Hasilnya? Jangan ditanya, PASTI PASSS! hehe

#3. Buat Kalender Sosial Media Dengan Google Calendar

Mulai step ini, anda sudah bisa memulai untuk membuat sebuah jadwal yang teratur untuk sosial media content anda tentunya. Anda bisa memakai google calendar. Link google calendar

Dengan google calendar anda bisa membuat sebuah jadwal yang sesuai dengan kebutuhan sosial media anda.

#4. Waktunya Menambahkan Content ke Dalam Kalender

Okey, setelah anda sudah membuat kalender yang tepat dan passs, maka content content yang sudah anda buat sebelumnya silahkan masukkan ke kalender yang sudah anda buat.

Pisahkan kategori masing masing content, setiap sosial media, dll..

#5. Time to Action!

Okey, jika anda sudah melewati semua step di atas, maka step terakhir yang anda harus lakukan adalah mempublishnya ke sosial media anda sesuai dengan porsi masing masing.

Semoga bermanfaat


Farhamdani

Kenalin Bro Nama Sy Farhamdani, Panggil aja Danie ! Sy Bukan Penulis Maupun Blogger Profesional, Tapi Dengan Menulis dan Ngeblog Adalah Cara Terbaik Sy Untuk Menghabiskan Waktu Luang dan Menghasilkan Uang !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian