Pengertian, Penjelasan dan Penyebab Terjadinya Bounce Rate

- Sabtu, April 28, 2018
Apakah sobat pernah mengalami sepinya pengunjung, padahal konten blog sudah banyak dan teknik SEO juga sudah diterapkan dengan benar? Jika benar, berarti blog sobat mengalami Bounce Rate yang tinggi.

Penyebab terjadi bounce rate dan cara mengatasinya

...terus Bounce Rate itu apa bro? Dan pengaruhnya apa? Dan apa faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya bounce rate?

Dari sebagian Blogger banyak yang mengabaikan bahwa Bounce Rate bisa kita jadikan sebagai indikator yang sangat penting untuk kelangsungan blog kita kedapannya.

Okey, mari kita jawab pertanyaan di atas satu persatu.

Apa itu bounce rate?


Bounce Rate adalah persentase pengunjung yang datang di suatu website dengan hanya membuka satu halaman saja bahkan tidak melakukan apa-apa termasuk membaca artikel dan langsung meninggalkan situs tersebut dalam waktu beberapa detik.

Nah, mari kita lihat rumus Bounce Rate itu seperti apa.

Bounce Rate = (Kunjungan Hanya Dengan 1 Tayangan Laman) / (Kunjungan Total) × 100

Misalnya, jika situs kita kedatangan 300.000 kunjungan dalam satu bulan, dan ada 150.000 yang hanya mengunjungi satu halaman, tingkat bouncingnya menjadi 150,000 dibagi dengan 300,000, sama dengan 0,50 di kali 100%, total akhirnya 50%

(150,000 : 300,000) × 100% = 50%

Jadi Semakin rendah tingkat bouncing di suatu website, maka kinerja website tersebut akan semakin baik dan juga sebaliknya.

Buatlah patokan 20% sebagai nilai maksimal Bounce Rate pada blog agar kinerja blog kita lebih membaik, untuk lebih jelas sobat bisa menggunakan Fasilitas Dari Google Analytics.

Pengaruh Bounce Rate Terhadap Popularitas Situs


Blog yang memiliki peringkat bagus adalah blog yang memiliki pengunjung yang lama saat berada di blog dan berpindah-pindah dari satu artikel ke artikel lain. Namun apakah Bounce Rate berpengaruh terhadap rangking blog?

Dari video berbahasa bule dibawah ini disimpulkan bahwa tinggi rendahnya bounce rate tidak ada pengaruhnya terhadap rangking blog di SERP/halaman pencarian, karna Google dan team tidak pernah menjadikan Bounce Rate yang ada di data Google Analytic sebagai variable penentu dalam rangking blog.


Penyebab bounce rate


Dibawah ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bounce rate pada blog, di antaranya seperti:

#1. Kecepatan Loading Blog

kecepatan loading blog sangat berpengaruh terhadap pengunjung, blog yang memiliki loding lambat akan membuat visitor meninggalkan blog kita, bahkan tanpa membaca konten dari blog kita.

Semakin cepat loading pada suatu blog bounce ratenya pun semakin kecil.

#2. Tata Letak Desain

Blog juga harus memiliki desain tata letak yang baik untuk mendapatkan bounce rate yang baik pula. Kenapa? Karena, pengunjung akan malas menjelajahi blog kita apabila tatak letaknya rumit atau susah untuk di telusuri.

#3. Kualitas Konten

Konten adalah raja, jika pengunjung tidak menemukan jawaban atau informasi yang mereka cari maka pengunjung tidak akan berlama-lama saat berada di blog kita.

#4. Internal Linking

Bisa dipastikan kalau bounce rate pada blog akan semakin kecil jika dalam artikel yang kita tulis terdapat internal linking. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk berpindah ke artikel lain karena setiap artikel terhubung satu sama lain.

Kita juga bisa menggunakan Related Post, Recent Post atau Popular Post pada blog kita untuk membangun internal linking.

#5. Eksternal Linking

Kurangi menggunakan eksternal linking, karena dengan kita menaruh eksternal link pengunjung akan meninggalkan blog kita menuju blog lain, sehingga bounce ratenya pun akan semakin tinggi.

Bounce Rate memang selalu di abaikan oleh kebayakan Blogger, tapi jika kita perhatikan, fungsinya sangat bermanfaat karena bounce rate adalah salah satu indikator pada kinerja blog.

Itulah artikel tentang Pengertian, Penjelasan dan Penyebab Terjadinya Bounce Rate. Semoga bermanfaat dan Silahkan berikan komentar dengan artikel ini. Terimakasih

Silahkan berkomentar Sesuai Dengan Topik Yang di Bahas!!!

Saya akan senang sekali jika sobat membaca dulu Aturan Berkomentar di Brodanie sebelum sobat memposting komentarnya
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search